Archive for December, 2004

Cinta 3 : Hari Jadi Milis Sehat

Jakarta 19 Desember 2004

Dear all

Setiap hari adalah istimewa … karena pada dasarnya
… tidak ada hari yang persis sama dengan hari
lainnya … selalu saja ada perbedaannya … selalu
saja ada yang unik antara hari yang satu dengan hari
yang lain….
Itulah yang membuat kita seyogyanya tidak boleh dan
tidak akan pernah bosan menghadapi hari-hari yang
akan/sedang kita hadapi ….

Namun demikian… buat saya …tanggal 19 Desember
merupakan salah satu hari yang teramat istimewa …
Satu tahun yl… seusai ceramah perihal
“Profesionalisme tenaga medis” … kami berkumpul,
bincang-bincang ,,,, intinya … apa lagi ya yang bisa
dilakukan untuk membantu meningkatkan profesionalisme
layanan kesehatan di Indonesia
Pak Romzy (kebetulan ahli IT) mengetahui … bahwa …
sudah sejak lama saya menjalin komunikasi erat dan
mencoba meningkatkan pemahaman para orang tua perihal
kesehatan anak mengusulkan … untuk memformulasikan
kegiatan tsb dalam bentuk suatu “mailing list” … dan
gagasan itupun terwujud pada tanggal 19 Desember 2003
… diawali dengan hanya 19 members (tapi saya selalu
menganggapnya sebagai 21 …hehehe dengan saya dan pak
Romzy) ….Dimulai dari segelintir pasien saya, meluas
ke populasi yang bahkan tatap muka pun belum pernah.

Saya berterimakasih kepada kalian semua – yang sudah
seperti anak sendiri,
bahagianya saya memiliki begitu banyak anak. Memiliki
begitu banyak cucu.

Semula … ada keraguan … bagaimana dengan mereka
yang samasekali belum mengenal saya, tentunya wajar
sekali kalau mereka bersikap kontra … atau
mempertanyakan kebijakan-kebijakan rasional yang
digulirkan …. bagaimanapun … selama ini … tidak
sedikit dari kita yang memilki pola pikir yang keliru
(misalnya … kalau mau sembuh mesti makan
antibiotika; atau … kalau demam hampirpasti radang
tenggorokan dan kalau radang tenggorokan harus selalu
diatasi dengan antibiotika)
… sedihnya (maaf) … kita semua …. memang
“seperti” dibiarkan untuk memiliki mind set yang
terbalik-balik …

Waktu berlalu … anggota milis semakin banyak …
volume email meningkat … topik semakin beragam dan
mendalam … dengan berjalan nya waktu … Kalau dulu
saya dan beberapa SP berkutat hebat “meluruskan”
konsep dasar kesehatan anak seperti demam, batuk
pilek, diare … maka … sekarang … saya bisa lebih
banyak tersenyum dan lebih relax …. karena … sudah
semakin banyak SP … yang bukan hanya memiliki pola
pikir yang rasional … tetapi juga mau bersusah payah
sharing dengan para orang tua yang tengah
“kebingungan” akrena si buah hati tengah demam, batuk,
atau diare-muntah dll dll … Bravo!!

Ketika saya memulai milis ini .. saya katakan pada
para SP agar aktif sharing karena … sharing kalian
dampak psikologisnya luar biasa .. sharing sesama
orang tua merupakan sumber kekuatan yang sekaligus
memberikan ketenangan …. bagi orang tua lainnya

Sharing kalian juga mengilhami saya untuk selalu
meningkatkan kualitas komunikasi dan kualitas content
dari milis ini sehingga meluncur HORIZON …
Sesudah itu .. saya susun tanggapan saya dalam bentuk
BUNGA RAMPAI … agar kita semua belajar dan
mempelajari masalah sati SP dan lainnya sehingga
khasanah ilmu kita diharapkan semakin menguat….
Dan berikutnya … saya buat CINTA (baru 2 kali) …
yang merupakan wadah curhat saya (enak ya saya …
bisa curhat sama orang tua hehehe … kalau DSA lain
kan biasanya dicurhati orang tua …gak bisa balik
curhat hehehe)

Terakhir ini ..ada PELANGI … bianglala … wadah
mengekspresikan ilmu dan aspek lain di kehidupan kita
sehari-hari

Saya berdoa agar milis SEHAT semakin hari semakin baik
.. agar kekeluargaan kita semakin hari semakin erat
… agar anak-anak kita tumbuh menjadi manusia sehat
lahir batin… fisik emosional …amiin

Saya berdoa agar milis ini sustainable .. dan tentunya
para SP memahami … kelanggengan hanya bisa tercapai
kalau kita selalu saling membantu dan tidak bergantung
pada hanya satu dua orang saja … Saya berdoa .. agar
milis ini benar2 bisa mandiri pada saatnya kelak …
Saya berdoa agar Tuhan senantiasa membantu saya …
sehingga bisa selama mungkin berada ditengah-tengah
kalian …

Dear SP … maaf ya emailnya panjang
tapi ini hari yangsangat istimewa karena tanpa
terasa… kebersamaan kita sudah 1 tahun … doakan
saja … suatu saat milis sehat bisa mengadakan acara
temu muka (ayoooo volunteer dong jadi panitia hehehe)

BTW …. Pernah baca buku atau lihat film Schlinder’s
list? Penulis mengemukakan pesan singkat … THOSE WHO
SAVE A HUMAN BEING … SAVE THE ENTIRE WORLD….
Pernahkah … terpikir oleh kalian … bahwa sharing
kalian … dalam bentuknya masing-masing … sudah
membantu “menyelamatkan” satu anak … padahal satu
anak adalah masa depan … nah kalau banyak anak yang
berhasil kalian “tolong” … maka… Insya Allah …
masa depan kesehatan di Indonesia akan jauh lebih
cerah … Amiin

Mari kita terus menggalang kedekatan emosi dan saling
bahu membahu memberikan yang terbaik buat anak- anak
kita …. by working hand in hand and by keep on
spreading whatever knowledge that you have …

Sekali lagi … di pagi hari yang cerah ini …
Selamat!!!! hari ini … HARI JADI MILIS SEHAT … !!
Kita lagi HUT ini … ayi sama2 kontemplasi …
apalagi yang bisa kita lakukan ke depan nanti …

with much love and pride
wati

Leave a comment »

PELANGI 3 : PEMBERDAYAAN KONSUMEN KESEHATAN

DEAR ALL

Pelangi kali ini masih seputar pemberdayaan konsumen
Pertama menanggapi surat Ani (saya paste email nya Ani
tempo hari in case ada yang lupa
Kedua … perihal Mading

ANI
Thanks ya atas emailnya terutama atas tanggapan dan
usulannya

Sabtu lalu kami ceramah PESAT … (topik imunisasi)
setelah selesai ceramah … biasa kumpul2 dan ngobrol2
.. sampai lah kami pada isu pemberdayaan konsumen
Ibu2 tsb sangat menyetujui usulan Ani .. lalu saya
bilang … kenapa dong gak ada yg menanggapi …
mungkin pada sibuk ya
Jadi Ani:

1. Soal DSA join milis ini … saat ini kayaknya saya
masih belum berhasil mengajak siapapun hehehe maafff
yaaa… tapi tdk menyerah kok

2. Soal SP yang punya DSA yg sama bikin kelompok kecil
… saya setuju banget … lalu kalian … usahakan
setiap kali berkonsultasi … bawa print out related
materials …
Lama2 … DSA kalian akan mikirrr… wah … ternyata
pasar maunya seperti gini thoo
Insya Allah … perlahan2 terjadi (evolusi ya hehehe
jangan revolusi) menuju kearah perbaikan …

3. Ngundang DSA ke seminar. Ani tahu kan kami ada
paket ceramah .. kami sudah berusaha sekuat m,ungkin
mengundang para DSA … tapi belum berhasil … karena
di atas jam kerja kan DSA harus praktek … kalau
keseringan ninggalin praktek kan repot (hehehe jangan
kayak saya yg kerjanya absen melulu prakteknya) …
kasihan pasien yg benar2 membutuhkan
Jadi… saya rasa agak sulit kalau meminta DSAnya
hadir di diskusi kelompok tapi silakan saja coba …
who lnows? Namanya juga total foot ball

4. Sharing sesama SP yg DSA nya sama … wah itu bagus
banget … setuju banget … Bravo!!!

MADING:
Saya amat sangat menyetujui ide mading ini … again
… BRAVO!!! You are all marvellous!! Thanks yaaa

Saya amat sangat berterimakasih … karena seperti di
slide saya di ceramah terakhir … saya katakan bahwa
… mari kita bergandengan tangan berbuat sesuatu …
no matter how small it is …
Mari kita bergandengan tangan berbuat sesuatu sekarang
juga ..
(Ada seorang pakar WHO menulis buku … judulnya ..
CHILDREN … THEIR NAME IS TODAY … artinya …
kebutuhan anak adalah kini … tidak bisa besok atau
lusa atau tahun depan…)

Jadi dear all… saya sangat terharu … hayooo mulai
lah bikin mading … minggu lalu …Lydia sudah mulai
memasang artikel perihal antibiotic resistance di
MADING day care anaknya
Silakan kalian mulai… mulai sekarang dan mulailah
dari lingkungan kecil kita …
Cuma kalau boleh saya beri saran … kalau bisa selain
tulisan saya … cantumkan pula naskah aslinya
sehingga yang membaca tahu …bahwa ini bukan
sematamata kata dokter wati … melainkan fakta dan
kebenaran umum yang sayangnya … belum banyak disebar
luaskan …
Selama niat kita baik .. Insya Allah Tuhan akan
membantu melancarkan semuanya .. amiin

Love
wati

Leave a comment »

PELANGI 2 : PATIENT VS CONSUMERS

Dear all

Selamat pagi
Belum sempat buat bunga rampai … tapi saya lihat
yang penting2 sudah ditanggapi termasuk pertanyaan
teman pak samsul

Sudah beberapa bulan kita “gunjang ganjing” mulai saat
RUU praktik kedokteran … yang meskipun mengundang
banyak “protes” … tetap saja disahkan .. laiknya
“anjing menggonggong kafilah berlalu”

kemarin di Delta talk show memang ramai lalu lintas
sms… meski yg on air .. hanya sekelumit dari kulit
… mengingat keterbatasan waktu … tetapi intinya
… banyak sekali yang resah dengan kondisi layanan
kesehatan di Indonesia
Di lain pihak .. apakah krisi profesionalisme ini
hanya melanda profesi dokter saja? Ahhh saya tidak
berani menjawab

Nah… kemarin di milis ramai!!! di satu sisi banyak
pertanyaan “sensitif” mulai dari suplemen termasuk
PEDIASURE!! sampai dengan pola tatalaksana pasien di
salah satu RS swasta … sampai dengan tatalaksana hal
sepele seperti bisul … sampai dengan pertanyaan
Junice … apakah treatment yg diberikan pada bisul
anaknya Wulan merupakan salah satu bentuk malapraktek
dan bagaimana “menuntut”nya … lalu ada asupan dari
Ibu Yulia dan Triesti … TIDAK CUKUP KALAU SEKEDAR
MENCERDASKAN KONSUMEN … MESTI ADA BADAN (Ibu Yulia)
… MESTI ADA REGULASI DAN EMPOWEREMENT (Triesti)

Saya setuju sekali dengan Ibu Yulia dan Triesti ..
tapi…. hehehehe maapppp …. namanya juga Indonesia
… banyak tapiii nya:

1. Di Indonesia belum ada UU tentang mala praktek …
(buat Junice dan SP)

2. Di Indonesia sudah ada MKEK (Majelis Kehormatan
Etik Kedokteran) … canggih kan .. namanya aja keren
… tapiii … independensi nya? (itu pernah saya
tanyakan ketika talk show delta oktober lalu kepada
IDI)
Tapii … kemarin dari medan ada sms: apa kerja nya?
… kata Prof Iwan .. (Off air) .. silent is golden

3. Katanya … akan dibentuk semacam kounsil kesehatan
di Indonesia .. (menurut saya sih konsepnya mengikuti
safety council di UK) … tapii … tergantung …
siapa yang akan duduk di sana??? … kata seorang Guru
besar lhoo…

4. Kita tidak punya audit medik … bagaimana mau di
audit … guideline nya aja tdk jelas … apalagi
standar profesi ..

5. SISTEM PENDIDIKAN KEDOKTERAN. Kemarin (KE PROF
IWAN) dan dalam setiap kesempatan termasuk ketika saya
terlibat “pembicaraan seru” dengan ketua organisasi
profesi … saya katakan … lhooo YANG BERTUGAS
MENDIDIK DOKTER YA ORGANISASI PROFESI DAN PARA GURU
BESAR LAH…. saya mah orang kecill…
Sebenarnya … pendidikan nya sih bagus .. benar …
cuma ketika di lapangan .. di ruang konsultasi
berukuran 4×4 m (kadang lebih kecil hehehe) … ketika
berhadapan dengan para orang tua yang “tidak berdaya”
… God knows what happens!!

6. ATURAN MAIN ..hasil brainstorming sana sini ..
yaaah itu mesti dari ATAS … Pemerintah … dalam hal
ini Menkes
Di lain pihak… di Indonesia nih banyak aturan main
yang baik .. ideal … tapi implementasi nya? (ketika
bincang2 soal RUD di WHO)

7. Di lapangan ..dalam layanan kesehatan di Indonesia
.. dalam setiap kesempayan termasuk kemarin… selalu
saya tekankan bahwa ada 3 pelaku utama: tenaga medis –
unit layanan kesehatan – pasien (PENGGUNA JASA LAYANAN
KESEHATAN)… karena sistem asuransi di Indonesia juga
masih amburadul jadi saya tdk memasukkannya

Di otak saya … atas dasar semua butir di atas..

1. Mau bikin Badan apa lagi? Kalau tidak (bisa
)berfungsi bagaimana?
Idealnya .. ada badan independen .. seperti kata Ibu
Yulia .. yang murni dan atas dasar kepedulian tingi
… siapa yg punya enersi? Ibu Emmy Hafiizh? Ibu
Yulia? Ibu Rosalina Syahriar? hehehe maaf saya sebut
beberapa nama di milis ini … siapa tahu memang bisa
dan sanggup dan mau …

2. Berapa tahun butuh waktu untuk administrasi,
birokrasi kalau mau buat badan, mau buat UU, mau buat
aturan main, mau menyusun guideline yg paling up to
date…belum lagi .. implementasi nya … legal aspek
nya…

3. Bukankah di negara miskin sebesar Indonesia .. pada
dasarnya memang kita tdk bisa bergantung pada
pemerintah semata … peran serta masyarakat akan
sangat dibutuhkan dalam suatu proses pembangunan
kesehatan (BOCORAN TOPIK DELTA MEDIKA JANUARI YAD …
INSYA ALLAH)
Saya yakin .. Depkes .. suatu saat akan merangkul
badan2 non pemerintah .. misalnya … saat Dharma
wanita masih ada .. kan bisa dipake (masih ada gak sih
sekarang … maappp)… atau PKK… atau apa ajalah

4. Kalau lihat SE DirJen Yan med soal hak dan
kewajiban dokter, RS, dan pasien… disitu dinyakana
bahwa konsepnya timbal balik, yang menjadi hak di satu
pihak … merupakan kewajiban di pihak lainnya …
misalnya .., Dokter berhak untuk memperoleh informasi
yg obyektif dari pasien .. sebaliknya .. pasien
berkewajiban memberikan informasi yg obyektif
atau ..dokter berkewajiban memberikan layanan medis
yang terbaik sesuai profesinya .. maka sebaliknya ..
pasien berhak memperoleh layanan kesehatan yang
terbaik
Maknanya? Pada dasarnya …pasien .. punya “power” …
pasien punya kekuatan untuk menentukan pasar…
Asalkan … ia tidak memposisikan dirinya sebagai
pihak yang lemah … pihak yang tidak berdaya …

Tentu saja … di lapangan tidak semudah dan seindah
itu … tapi .. itulah salah satu PR kita … hehehe
… kan banyak ya PR bangsa ini …
nah … karena saya ignorant … saya memilih ngerjain
PR yang kecilan aja dulu … mari kita sama2
memberdayakan diri … treat yourself as a client ..
as consumer rather than as a patient
Atau kita tetap mau jadi pihak yangnrimo… yang
mandah … yang pasrah bongkokan .. mau diapain nggih
monggo … ini uang nya bayaran buat kamu hehehehe ..
maaf kalau nyeleneh
maaf kalau tidak berkenan… anggap saja ini sarapan
pagi yang agak beda dari biasanya …

Love
wati

Leave a comment »

PELANGI 1B : SUPLEMEN

Dear all

Ini singkat aja ya
hari ini luar biasa dan sampai malam bakalannya
Belakangan ini banyak sekali email seputar suplemen
… saya agak bingung menanggapi nya sekaligus agak
geregetan

Milici B12, stimuno, semua produk yg mengandung
kolustrum … yg mengklaim membangkitkan sistem imun
.. dll dll pada dasarnya adalah suplemen

Artinya??? tidak melalui clinical trial sebagaimana
suatu obat laiknya

Artinya??? ,ereley about business and monet?
Who will huarantee that they are effective as well as
safe?
Saya tanya . ke beberapa senter beberapa hari ini
mengenai obat2 di atas … pada bingung lhoo di LN
sanaaa

Tadi sempat brainstorming dg Prof Iwan … kata beliau
ternyata sama bahkan lebih keras:
“Suplemen itu 95% useless…. rotzoi!!!” hehehe bahasa
belanda nya keluar

Gitu aja deh ..
Bagaimanapun … pilihan terletak di tangan kalian

Love
wait

Leave a comment »

PELANGI 1 : AIDS

Dear all
Selamat dini hari …
Tidak bisa tidur … tadi sesiangan kesakitan …
biasaaaaaa terus malam pijetan mendingan .. duduklah
di belakang komputer … niat hati membuat insertion
buat radio … tapi mampetpetpet … samasekali gak
ada ilham … padahal udah pompa semangat … be
professional .. be professional … tapi dasarrrr
Ahhh kapan ya saya bisa kayak Cak Nun … mengalir …
dengan filosofi tinggi
hehehe ngimpi kaliiii

BTW … sebetulnya sudah lama saya ingin membuat surat
secara berkala semacam gorizon nya milis lah .. tapi
kalau horizon .. pure scientific .. kalau pelangi …
isinya bisa macam2 … termasuk curhat seorang dokter
hehehe … kayak buku “doctors cry too”

Nah … karena tdk bisa tidur … mesti bikin naskah
.. ditemani TV .. mulai dari CNN.. dicovery (ada
tayangan menarik… nanti deh ya di pelangi
berikutnya) .. sampai ke Metro TV …
Soal AIDS … sangat menarik dan menyentuh …
membangkitkan berbagai rasa … pelangi rasa nan
sendu….

Benar kata Baby James Aditya … HIV dan AIDS adalah
masalah kita bersama … dia bisa hadir di rumah kita

Bayangkan … tahun 2001 … ibu hamil HIV positif 1%
… tahun 2002 ..3% …
Dilain pihak .. Thailand .. ketika dicap sebagai
“sarangnya” AIDS … angkanya di bawah 1%
Sesungguhnyalah…
Indonesia merupakan salah satu
negara dengan tingkat pertumbuhan HIV yang tertinggi
… Aduuuuuh
Angka kematian ibu tertinggi di AsTeng, angka kematian
bayi juga tertinggi … masak angka percepatan AIDS
juga tertinggi …
Banyak sekali PR kita

Kenapa bisa demikian … sedikitnya ada 3 hal
1. pendidikan seks bagi anak
2. Kesetaraan gender
3. Bahaya narkoba

Padahal .. perilaku seksual anak muda kita … luar
biasa… begitu ungkap Baby …
Tahun 2002 dan 2001 … dalam rangka hari hepatitis
sedunia .. saya dan beberapa teman keliling ke
beberapa SMP dan SMA di jakarta … kasih penyukluhan
soal hepatitis sekaligus menyinggung soal STD … yang
salah satunya ya hepatitis virus B dan C ….
ternyata … saat kounseling … anak2 itu banyak yang
sexually active …. dan mereka samasekali asing
dengan konsep safe sex …

Bulan juli lalu … bincang2 dengan gadis cantik yg
baru diterima di suatu PTN bergengsi .. semula konsul
liver nya ternyata HIB positif … flash back …
pernah khilaf …

Bulan april … ada expat adopsi bayi … kuning …
hati dan limpabesar … HIV positif

Tahun 2003 Desember … suatu RB swasta bergengsi …
konsul bayi dengan pembesaran hati … anak pertama ..
ibu nya muda dan cantik … papanya mana? Sedang
dirawat dok … HIV positif …

Tahun 2002 … oasien saya divorce .. suami IVDU dan
HIV positif …

Ahhh … sebagai orang tua .. kita sering merasa …
semakin tahun kita semakin pintar …
semakin tahun kita semakin bijak
Padahal … tidak sedikit yg ketuaannya berupa
telunjuk alias .. easly judge (and blame) other
people …
Sebagai orang tua … kita juga sering merasa … hal
“tabu” seperti HIV ini … tidak akan mampir di rumah
kita karena pasangan kita baik… karena anak kita
baik …
Karena kita .. cuma mau melihat… mendengar… yang
indah2
Menutup mata pada kenyataan di sekeliling kita

Salut buat Yayasan AIDS dan Baby JA
Apa yg bisa kita lakukan?

Mari kita mulai dengan pendidikan seks di rumah …
Doakan .. bisa bikin seminar gabungan (ahhh idaman
banget nih … HIV, Narkoba, dan ex education ..
pakar2nya sudah bersedia
Tinggal badan nihhhhh

Ok … mau coba tidur sekejap meski rasanya akan sulit
… sedihnya …banyak sekali masalah yg harus dipikul
anak cucu kita yaa

love
wati

Leave a comment »

%d bloggers like this: