PELANGI 1 : AIDS

Dear all
Selamat dini hari …
Tidak bisa tidur … tadi sesiangan kesakitan …
biasaaaaaa terus malam pijetan mendingan .. duduklah
di belakang komputer … niat hati membuat insertion
buat radio … tapi mampetpetpet … samasekali gak
ada ilham … padahal udah pompa semangat … be
professional .. be professional … tapi dasarrrr
Ahhh kapan ya saya bisa kayak Cak Nun … mengalir …
dengan filosofi tinggi
hehehe ngimpi kaliiii

BTW … sebetulnya sudah lama saya ingin membuat surat
secara berkala semacam gorizon nya milis lah .. tapi
kalau horizon .. pure scientific .. kalau pelangi …
isinya bisa macam2 … termasuk curhat seorang dokter
hehehe … kayak buku “doctors cry too”

Nah … karena tdk bisa tidur … mesti bikin naskah
.. ditemani TV .. mulai dari CNN.. dicovery (ada
tayangan menarik… nanti deh ya di pelangi
berikutnya) .. sampai ke Metro TV …
Soal AIDS … sangat menarik dan menyentuh …
membangkitkan berbagai rasa … pelangi rasa nan
sendu….

Benar kata Baby James Aditya … HIV dan AIDS adalah
masalah kita bersama … dia bisa hadir di rumah kita

Bayangkan … tahun 2001 … ibu hamil HIV positif 1%
… tahun 2002 ..3% …
Dilain pihak .. Thailand .. ketika dicap sebagai
“sarangnya” AIDS … angkanya di bawah 1%
Sesungguhnyalah…
Indonesia merupakan salah satu
negara dengan tingkat pertumbuhan HIV yang tertinggi
… Aduuuuuh
Angka kematian ibu tertinggi di AsTeng, angka kematian
bayi juga tertinggi … masak angka percepatan AIDS
juga tertinggi …
Banyak sekali PR kita

Kenapa bisa demikian … sedikitnya ada 3 hal
1. pendidikan seks bagi anak
2. Kesetaraan gender
3. Bahaya narkoba

Padahal .. perilaku seksual anak muda kita … luar
biasa… begitu ungkap Baby …
Tahun 2002 dan 2001 … dalam rangka hari hepatitis
sedunia .. saya dan beberapa teman keliling ke
beberapa SMP dan SMA di jakarta … kasih penyukluhan
soal hepatitis sekaligus menyinggung soal STD … yang
salah satunya ya hepatitis virus B dan C ….
ternyata … saat kounseling … anak2 itu banyak yang
sexually active …. dan mereka samasekali asing
dengan konsep safe sex …

Bulan juli lalu … bincang2 dengan gadis cantik yg
baru diterima di suatu PTN bergengsi .. semula konsul
liver nya ternyata HIB positif … flash back …
pernah khilaf …

Bulan april … ada expat adopsi bayi … kuning …
hati dan limpabesar … HIV positif

Tahun 2003 Desember … suatu RB swasta bergengsi …
konsul bayi dengan pembesaran hati … anak pertama ..
ibu nya muda dan cantik … papanya mana? Sedang
dirawat dok … HIV positif …

Tahun 2002 … oasien saya divorce .. suami IVDU dan
HIV positif …

Ahhh … sebagai orang tua .. kita sering merasa …
semakin tahun kita semakin pintar …
semakin tahun kita semakin bijak
Padahal … tidak sedikit yg ketuaannya berupa
telunjuk alias .. easly judge (and blame) other
people …
Sebagai orang tua … kita juga sering merasa … hal
“tabu” seperti HIV ini … tidak akan mampir di rumah
kita karena pasangan kita baik… karena anak kita
baik …
Karena kita .. cuma mau melihat… mendengar… yang
indah2
Menutup mata pada kenyataan di sekeliling kita

Salut buat Yayasan AIDS dan Baby JA
Apa yg bisa kita lakukan?

Mari kita mulai dengan pendidikan seks di rumah …
Doakan .. bisa bikin seminar gabungan (ahhh idaman
banget nih … HIV, Narkoba, dan ex education ..
pakar2nya sudah bersedia
Tinggal badan nihhhhh

Ok … mau coba tidur sekejap meski rasanya akan sulit
… sedihnya …banyak sekali masalah yg harus dipikul
anak cucu kita yaa

love
wati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: