Cinta 3 : Hari Jadi Milis Sehat

Jakarta 19 Desember 2004

Dear all

Setiap hari adalah istimewa … karena pada dasarnya
… tidak ada hari yang persis sama dengan hari
lainnya … selalu saja ada perbedaannya … selalu
saja ada yang unik antara hari yang satu dengan hari
yang lain….
Itulah yang membuat kita seyogyanya tidak boleh dan
tidak akan pernah bosan menghadapi hari-hari yang
akan/sedang kita hadapi ….

Namun demikian… buat saya …tanggal 19 Desember
merupakan salah satu hari yang teramat istimewa …
Satu tahun yl… seusai ceramah perihal
“Profesionalisme tenaga medis” … kami berkumpul,
bincang-bincang ,,,, intinya … apa lagi ya yang bisa
dilakukan untuk membantu meningkatkan profesionalisme
layanan kesehatan di Indonesia
Pak Romzy (kebetulan ahli IT) mengetahui … bahwa …
sudah sejak lama saya menjalin komunikasi erat dan
mencoba meningkatkan pemahaman para orang tua perihal
kesehatan anak mengusulkan … untuk memformulasikan
kegiatan tsb dalam bentuk suatu “mailing list” … dan
gagasan itupun terwujud pada tanggal 19 Desember 2003
… diawali dengan hanya 19 members (tapi saya selalu
menganggapnya sebagai 21 …hehehe dengan saya dan pak
Romzy) ….Dimulai dari segelintir pasien saya, meluas
ke populasi yang bahkan tatap muka pun belum pernah.

Saya berterimakasih kepada kalian semua – yang sudah
seperti anak sendiri,
bahagianya saya memiliki begitu banyak anak. Memiliki
begitu banyak cucu.

Semula … ada keraguan … bagaimana dengan mereka
yang samasekali belum mengenal saya, tentunya wajar
sekali kalau mereka bersikap kontra … atau
mempertanyakan kebijakan-kebijakan rasional yang
digulirkan …. bagaimanapun … selama ini … tidak
sedikit dari kita yang memilki pola pikir yang keliru
(misalnya … kalau mau sembuh mesti makan
antibiotika; atau … kalau demam hampirpasti radang
tenggorokan dan kalau radang tenggorokan harus selalu
diatasi dengan antibiotika)
… sedihnya (maaf) … kita semua …. memang
“seperti” dibiarkan untuk memiliki mind set yang
terbalik-balik …

Waktu berlalu … anggota milis semakin banyak …
volume email meningkat … topik semakin beragam dan
mendalam … dengan berjalan nya waktu … Kalau dulu
saya dan beberapa SP berkutat hebat “meluruskan”
konsep dasar kesehatan anak seperti demam, batuk
pilek, diare … maka … sekarang … saya bisa lebih
banyak tersenyum dan lebih relax …. karena … sudah
semakin banyak SP … yang bukan hanya memiliki pola
pikir yang rasional … tetapi juga mau bersusah payah
sharing dengan para orang tua yang tengah
“kebingungan” akrena si buah hati tengah demam, batuk,
atau diare-muntah dll dll … Bravo!!

Ketika saya memulai milis ini .. saya katakan pada
para SP agar aktif sharing karena … sharing kalian
dampak psikologisnya luar biasa .. sharing sesama
orang tua merupakan sumber kekuatan yang sekaligus
memberikan ketenangan …. bagi orang tua lainnya

Sharing kalian juga mengilhami saya untuk selalu
meningkatkan kualitas komunikasi dan kualitas content
dari milis ini sehingga meluncur HORIZON …
Sesudah itu .. saya susun tanggapan saya dalam bentuk
BUNGA RAMPAI … agar kita semua belajar dan
mempelajari masalah sati SP dan lainnya sehingga
khasanah ilmu kita diharapkan semakin menguat….
Dan berikutnya … saya buat CINTA (baru 2 kali) …
yang merupakan wadah curhat saya (enak ya saya …
bisa curhat sama orang tua hehehe … kalau DSA lain
kan biasanya dicurhati orang tua …gak bisa balik
curhat hehehe)

Terakhir ini ..ada PELANGI … bianglala … wadah
mengekspresikan ilmu dan aspek lain di kehidupan kita
sehari-hari

Saya berdoa agar milis SEHAT semakin hari semakin baik
.. agar kekeluargaan kita semakin hari semakin erat
… agar anak-anak kita tumbuh menjadi manusia sehat
lahir batin… fisik emosional …amiin

Saya berdoa agar milis ini sustainable .. dan tentunya
para SP memahami … kelanggengan hanya bisa tercapai
kalau kita selalu saling membantu dan tidak bergantung
pada hanya satu dua orang saja … Saya berdoa .. agar
milis ini benar2 bisa mandiri pada saatnya kelak …
Saya berdoa agar Tuhan senantiasa membantu saya …
sehingga bisa selama mungkin berada ditengah-tengah
kalian …

Dear SP … maaf ya emailnya panjang
tapi ini hari yangsangat istimewa karena tanpa
terasa… kebersamaan kita sudah 1 tahun … doakan
saja … suatu saat milis sehat bisa mengadakan acara
temu muka (ayoooo volunteer dong jadi panitia hehehe)

BTW …. Pernah baca buku atau lihat film Schlinder’s
list? Penulis mengemukakan pesan singkat … THOSE WHO
SAVE A HUMAN BEING … SAVE THE ENTIRE WORLD….
Pernahkah … terpikir oleh kalian … bahwa sharing
kalian … dalam bentuknya masing-masing … sudah
membantu “menyelamatkan” satu anak … padahal satu
anak adalah masa depan … nah kalau banyak anak yang
berhasil kalian “tolong” … maka… Insya Allah …
masa depan kesehatan di Indonesia akan jauh lebih
cerah … Amiin

Mari kita terus menggalang kedekatan emosi dan saling
bahu membahu memberikan yang terbaik buat anak- anak
kita …. by working hand in hand and by keep on
spreading whatever knowledge that you have …

Sekali lagi … di pagi hari yang cerah ini …
Selamat!!!! hari ini … HARI JADI MILIS SEHAT … !!
Kita lagi HUT ini … ayi sama2 kontemplasi …
apalagi yang bisa kita lakukan ke depan nanti …

with much love and pride
wati

Leave a Reply

