Cinta 7 : Bersaing Secara Global

Dear all

Selamat dinihari
saya kemarin ada halangan … tidak bisa aktif di
milis .. meski demikian, saya terus mengikuti
perkembangan di milis.
Banyak topik menari. Mulai dari peran ayah dan ibu,
japan perlu tes darah, sharing keberhasilan menjadi
konsumen kesehatan (Bravo Pudji!!) dan imunisasi polio
massal vs ajang promosi.

Di Batam … saya seharian di kamar hotel… merasakan
kaki yang gimanaaaa gitu hehehe sambil TV nyala terus.
Ada liputan kampus, ada bidik, ada infotainment, ada
berita KPU (SALAH SATU ANGGOTANYA MENYATAKAN … TIDAK
PERNAH MENERIMA DANA TAKTIS … MELAINKAN UANG
KEHORMATAN … jjjeeeeee), ada tentang body dysmorphic
dan french paradox nya (bagus lhoo… ada yg lihat dan
bisa share?)…. lalu … BUSUNG LAPAR (Ampuun Tuhan)

Membingungkan buat saya yang biasanya akses Discovery
channel (Gak punya uang buat jalan2 at least berkelana
manca negara melalui dunia media hehehe sambil
mencatat resep masakannya), national geographics
dengan petualangan geografis-arkeologis-sains, atau
BBC, ABC, CNN
Kalau hari minggu ada Discovery channel for kids …
indah sekali tayangannya … anak-anak diberi suguhan
sains yang menarik, imajinatif, sesuai dunia mereka
yang warna warni …
BUkan saya penggemar yang berbau asing … saya
“bingung” kalau menyimak tayangan TV lokal … kalau
tidak kekerasan, misteri murahan, atau gosip (hehehe
susahnya jadi celebrities … disorot terus seolah
tidak punya kehidupan pribadi … konsekuensi? Mungkin
juga). Siaran berita lokal?? aduuh stress… . korupsi
yang gak beres2, parpol yang centang perenang dll dll

Bagaimana ya agar anak-anak kita bersaing di dunia
global? Tentunya mereka butuh asupan fisik dan rohani
yang sehat, yang kaya.
Asupan rohani … salah satunya ya media TV nya
mungkin perlu bebenah; beli buku dapat discount pajak
(kayak di Malaysia), beli komputer juga pajaknya kena
discount dst dst

Asupan fisik… barangkali kita harus mulai (dan
sering) bicara dengan lingkungan kita bagaimana
memberikan “NUTRISI” YANG TEPAT PADA BAYI. Mulai dari
meng”encourage” para ibu untuk ASI eksklusif supaya
anak2 kita cerdas dan kuat. Juga memberikan penyuluhan
cara pemberian MPASI yang sehat dan murah …Kita juga
harus sering bicara di ingkungan kita soal pentingnya
imunisasi tepat waktu (otomatis imunisasi simultan)
….

Nah … menyimak email kalian mengenai imunisasi masal
vs ajang promosi … terlintas di benak saya …
bagaimana kalau anggota milis tidak kalah aktif dengan
pabrik susu formula … hehehehe misalnya … brosur
tentang ASI eksklusif, lalu …. bagaimana kalau kita
mulai menseleksi resep MPASI murah, enak sehat,
misalnya dari labu kuning … dari ubi, dari kentang
tentunya dengan pelengkapnya yaitu protein sayur mayur
buah. lokal (mangga, jambu batu merah, tomat,
dlldll)..
Lalu kita print buat brosur kecil2 menarik, kita
bagikan ke para ibu … atau kita buat tabel imunisasi
PPI (yang wajib di puiskesmas dulu aja deh), atau
brosur menangani demam (biar gak dapat puyer macam2
apalagi… maaf … para bidan kan tidak boleh
dispensing obat)…. Tentunya kalau ada dana kita isi
juga dengan “santapan” buat si anak … balon, kertas
lipat warna warni, crayon…

Itu hanya beberapa contoh saja … banyak lagi isi
“goody bags” yang bisa kita persembahkan buat anak dan
ibu. Mungkin kita yang membantu para ibu PKK itu,
menghubungi mereka dan menyerahkan print out tadi (gak
usah semuanya pilih saja salah satu (atau salah 2-3
hehehe)

Gimana???? Masih ada waktu nih buat Juni
Saya prihatin kalau yang promosi justru pabrik susu
formula bayi. Ketika tekanan ekonomi semakin berat,
yang ditakutkan mereka tidak mempersiapkan nya dengan
benar, tidak akurat takarannya (supaya gak cepet
habis) dst dst
Keberatan pribadi lainnya dari pihalk saya
1. violating etik penjualan susu formula
2. memberi umpan bukan kail
3. Nilai tambahnya kecil sekali (nilai tambah lebih
besar kalau para ibu mengetahui apa saja sih MPASI
yang bisa mereka berikan ke bayinya, kalau mereka
mengetahui relaktasi mungkin kok, ASI eksklusif dongg
… dst dst)

Tahun 1996 … sepulang sekolah … kan kere saya
hehehe (emangnya pernah kaya hehehe) … saya
registrasi suatu kongres gastro hepato nutrisi Asia
pasifik di Spore
Wah mahal banget … tapi pengin ikut … jadilah saya
melayangkan surat ke panitia … tanya discount, tanya
akomodasi di FK NUH biar murahhehehe
Nah sampai sana … saya dan peserta Bangladesh yg
tinggal di dormitori kampus … Tapi yang menarik buat
saya
1. Mahasiswa FK dan para dokter yg sedang ambil
spesialisasi anak .. bukan main deh belajar dan
kerjanya … lalu saya teriungat kampus saya tercinta
… ahhh miriiis
2. Saya jalan2 sama Dr Warren … sahabat lama waktu
kita sama2 sekolah di … saya tanya mulai dari aturan
lalu lintas, PBB, Pajak kendaraan bermotor dll… ahh
hebat ya saya pikir
Terus saya nyeletuk
Warren … beberapa teman saya yang pindah kerja di
Spore kok gak betah ya … katanya … sulit
memperoleh teman sejati di Spore … kalian cenderung
agak “tense” ?
“Iya mungkin sekali kami memang bukan orang yang
“hangat” … perjuangan berat lho wati di sini…
kompetisi nya ketat … semua dipajakin … kami harus
amat sangat kaya untuk punya tempat tinggal yang agak
besar (agak besar sipore kan beda dengan agak besar
indonesia lho … sebenarnya gak besar) dan mobil …
Pajak dokter juga tinggi padahal kami mesti bayar sewa
ruang konsultasi yang mahal”
“Ini negara kecil wat … gak punya natural resources
kayak Indonesia … jadi … kami mesti kerja kerja
dan kerja. Jadi kayak robot sih ya hehehe
Ada satu hal yang mungkin menurut kamu sepele wat” …
tapi buat saya membanggakan … Singaporean knows very
well that nothing is free in life” …

Mak nyessss gua … berasa hehehe
Minta discount biaya registrasi (tadinya sih gaya kan
…. mendingan discount ketimbang menerima “offer”
dari pabrik obat)…
terbayang negeri kita yang gemah ripahloh jinawi tapi
banyak pengemis, banyak korupsi, banyak busung lapar

Maafffff kalau nyeleneh …

Memang … gak ada yg gratis
Termasuk apa yg terjadi di balik imunisasi masal 31
mei lalu (kalau yang ibu PKK gak lho ya … saya salut
sama mereka dan sangat berterima kasih cuma bisa kita
tambah isi goody bags nya dengan sesuatu yang
diharapkan nilainya lebih langgeng)….
Ayoo mulai kumpulin resep, print jadwal imunisasi dst
dst
Nanti saya via milis kirim brosur imunisasi yaa

Maaf ya kalau ada statement yang kurang berkenan
Sebenernya buanyaakk yang bergejolak di dada …
keluarnya jadi serabutan hehehe

Love
wati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: