Cinta 10 : KEBAHAGIAAN, KEPEDULIAN

Jakarta, 4 Desember 2005 jam 21.11

Dear all

Selamat malam …. hmmmm mata kok sudah 20 watt ya jam segini hehehe
beberapa hari terakhir ini luarrrr biasa ….
Minggu kemarin menyelesaikan PESAT Surabaya (alhamdulillaah) …
Lalu selasa gedabrutan buat rundown talkshow DeltaMedika rabu kemarin

Alhamdulillah … Sabtu tg 3 kemarin juga PESAT jakarta … RUD …. dimana
saya
ketemu beberapa peserta lepasan … senang rasanya
Oh ya .. dua sesi terakhir, AB dan RUD, PESAT dihadiri oleh seorang peninjau
yang sedang membuat dokumentasi kegiatan grup sehat (atas permintaan WHO)

Beliau sangat terkesan dengan kekompakan grup sehat … akan dedikasi
panitia,
atas lesungguhan peserta … kesemuanya ini mencerminkan tingginya
kepedulian
kalian terhadap sesama
Lho kok terhadap sesama … apa hubungannya dengan AB … Jawabnya: kalian
pasti
masih ingat bahwasanya ” ANTIBIOTIC IS A SOCIETAL MEDICINE” … artinya, AB
merupakan obat yang berdampak terhadap komunitas bukan hanya terhadap
individu
ybs …
Itulah sebabnya … kesungguhan kalian untuk memahami seluk beluk AB
merupakan
manifestasi kepedulian terhadap sesama, terhadap lingkungan … kepedulian
akan
bahaya antibiotic resistance,
Mencerminkan kesadaran bahwasanya masalah antibiotic resistance merupakan
masalah kita semua, bukan masalah tenaga medis semata.

Kembali ke Sesi RUD.
Ibu peninjau juga mengagumi kedalaman materi yang dibekalkan (artinya …
kedalaman pengetahuan para SP) … sebagian dari kalian sudah bisa
menerangkan
garis besar metabolisme obat dan peran ensim sitokrom P450 … bisa
menerangkan
ensim fase 2 metabolisme obat dst dst …
Betul lhoo … materi RUD buat saya sangat pelik .. apalagi ketika harus
mengajarkan ke kalangan non medis
Bagaimana menjabarkan segala sesuatu tentang obat, tentang clinical trial
(uji
klinis), tentang RCT …. Semoga saya tidak mengecewakan kalian peserta
PESAT
Di lain sisi … saya berharap sesi RUD bisa membantu menambah pengetahuan
kalian selama ini akan berbagai isu seputar obat. Saya harapkan .. semakin
banyak SP yang memahami konsep konsultasi medis, memahami [pendekatan
problem
based instead of symptom based (pendekatan berdasarkan masalah … bukan
pendekatan berdasarkan gejala) .. sehingga ketika anak membutuhkan obat atau
ketika kalian menerima secarik resep .. kalian akan bertanya 3 pertanyaan
dasar
1. Apa masalah yang tengah melanda anak saya
2. Apa yang harus saya lakukan? Kapan saya harus cemas
3. kalau memang anak butuh obat … bagaimana kerja obat dan apa risiko efek
sampingnya ..
Hehehehe kalau beli HP aja teliti … mengapa ketika “belanja” urusan
kesehatan
kita lantas menjadi pasif dan (sering) memilih atau memposisikan di pihak
yang
“ignorant”
Insya Allah

Sabtu malam .. sesudah ceramah dan istirahat sebentar, sore brain storming
dengan dokter muda tapi bentar hehehe buadannn … lalu ketemuan salah satu
panitia famgath untuk persiapan minggu pagi … Takut disuruh pidato sama
panitia .. sehabis Isya .. saya coba menyun sepatah dua patah kata hehehe
ternyata BLOK TOTAL …. Duh gelisah saya … begitu banyak perasaan yang
berkecamuk tetapi sangat sulit menuangkan dalam kata
Saya mengeluh pada suami .. hehehe dengan santainya dijawab demikian: ..
“lho
kan orang datang buat senang2 bukan buat denger pidato atau jargon”
hehehe iya juga ya GR banget sih saya … ya lah … mengalir saja /….
Tetapi … berhubung tak bisa tidur .. saya masak (kan minggu bakalan sibuk)
… suami sampai heran .. jam 2 pagi masih nguprek di dapur hehehe ..
Alhasil … bangun subuh gedabrutan dan masih nguantuk berat

Nah tadi pagi .. FAMGATH sudah terlaksana … rasa hormat dan cinta saya
yang
mendalam untuk keluarga besar sehat
Rasa hiormat dan terimakasih saya yang tidak terhingga untuk panitia famgath
yang telah bekerja keras mempertemukan kita semua …
Luarr biasa …
Saya berterimakasih kepada semua yang telah hadir meluangkan waktu
Saya juga berterimakasih atas partisipasi banyak pihak … makanan, minuman,
dll
dll dll (soalnya kami memang tidak menyediakan makanan … hehehe … dan
memilih sponsor juga super hati2 supaya senantiasa sejalan dengan gerak
langkah
SEHAT selama ini

Saya senang sekali bisa bertemu kalian dan keluarga …………. (Buat yang
tidak hadir .. pokok nya rugi … hehehehe …. )
Nama-nama yang tadinya hanya familiar di layar laptop saya … pagi tadi
….
hadir utuh di hati, di mata
Banyak pula wajah lama … misalnya eks peserta PESAT sebelumnya …
Ahh anak-anak muda … di mata kalian ada semangat, ada cinta, (apakah juga
ada
kerinduan kental?) Kerinduan akan? Mungkinkah itu kerinduan akan hari esok
yang
cerah, damai dan sentosa … atas nama anak cucu penerus bangsa?
Hehehe mungkin saja saya salah, tetapi terus terang, di hati saya sih memang
ada
kerinduan akan kebangkitan dan perbaikan … \
Sederhananya …. minimal kita bisa kayak negara tetangga gitu hehehe …
Pengin
kayak dulu hehehe …. bangga jadi orang Indonesia … sekarang lagi
Maaf maaf .. as always .. saya sering nyempong alias OOT hehehe

Seneng rasanya bisa senam pagi bareng hehehe …
ayah, ibu, anak, nenek, semua bergerak bersama meski kadang saya ketinggalan
tempo hehehe
Lumayan keringetan juga ya … (ngomong2 .. ada gak yang BBnya turun gara2
senam
tadi hehehehe .. just kidding .. wong abis itu ada fresh tea, ada ice cream,
ada
cemilan, untung saya gak sempat makan es krim nya hehehehe

Lalu … Who is Who …
Tim panitia famgath, tim moderator, tim web, tim KLASI .. dan …
Buat mereka yang tak hadir … kami juga sejak tg 24 yl telah resmi
menandatangani akta pendirian yayasan grup sehat yaitu Yayasan Orang Tua
Peduli…
Pembentukan Yayasan ini untuk memperlancar misi edukasi kesehatan anak bagi
konsumen kesehatan .. doakan ya .. amiin

Oh ya .. ada Ida Arimurti yang cantik (Krisna Purwana tak bisa hadir karena
ada
reuni SMA di rumah beliau) .. Bagi yang sula mendengar radio Delta .. Ida
dan
Krisna merupakan teman sejati saya di talk show Delta Medika … dua orang
hebat
yang bekerja dengan hati dan cinta … (makanya, gak heran kalau banyakyang
cinta pasangan Ida Krisna hehehe). Wah Idfa as always keren …. hehehe
Thanks
ya Da menyempatkan hadir

Sayang pak Romzy terlambat
SP … Kalau tak ada Pak Romzy .. sangat mungkin milis sehat tak ada
saya ingat .., suatu hariu di bulan nov 2003 … saya menyelenggarakan
seminar
profesionalisme tenaga medis (pembicaranya Prof Iwan Darmansyah) .. nah
seusia
acara .. kami brain storming … lalu pak Romzy nyeletuk
“Dok, saya kasihan sama dokter .. ngetik email address satu persatu setiap
kali
menulis atau mengirim suatu artikel … Dibikin milis aja dok ..
“Apa sih Milis Pak Romzy?” ihhhh malu ya …
Teus diterangi n sama pak romzy tapi saya gak mudeng
“Pake uang gak sih Pak .. kalau buayanya gede saya gak punya uang”
hehehehehe
asli malu2in ya
Gak dok” .. Nah HannyS dari JDFI nyamber .. iya dong pak bantuin Dr Wati
bikinin
milis
Nah di rumah email2an sama pak romzy 2 kali … Jadi lah milis Sehat … 19
Desember 2003 … anggotanya … belasan hehehe
Perlahan-lahan semakin besar dan besar
Tahun 2004 kuartal pertama … Hafiz menawarkan diri jadi moderator … lalu
Luluk disusul dengan Gendi, Hanni, Vida .. dan Maureen
Tahun 2005 … nambah web, yayasan, ada buku …
2006? Insya Allah terus bisa konsisten … Insya Allah ada satu buku lagi

dll dll .. amiin

Setelah games (buat anak, buat keluarga, buat ayah ibu) .. pemberian award
..
nanti Luluk akan “lapor” alias membuat laporan pandangan mata hehehe
Yang tidak memperoleh award jangan kecil hati ya hehehe
susah juga sih kalau mesti bikin 3000 award hehehe (nembus angka 3000 member
milis ini ya)

Oh ya .. Dr Frits De Haan dari WHO berkomentar saat membaca tulisan di
spanduk
.. Be Smarter .. Be Healthier ..
Begini:
“If you are healthier .. than you will be smarter …”
So it goes on … please tell the parents wati”

Ibu Laura .. DSOG Kepala Divisi Maternal health juga hadir .. beliau suka
saya
minta bantuan untuk menjawab beberapa pertanyaan SP seputar kehamilan …

Wah dah jam 1.35 …. tadi sempat kepotong 2 jam untuk urusan keluarga …
Doakan saja tahun depan atau kapan gitu (atas perkenan Tuhan dan jika memang
menurut kalian perlu …. ) kita kembali bisa berkumpul …
Maaf ya kalau ada yang tidak berkenan, ada yang keliru
Panitia famgath, panitia PESAT … mohon maaf … selama ini saya selalu
merepotkan, bahkan gak jarang bikin kalian bingung (aduuh …maaf maaf)

Hmmm mata semakin redup nih .. lain kali disambung ceritanya ya (masih
buanyaaak
yang ingin dishare) ….
Tolong doakan grup sehat, Yayasan Orang Tua Peduli … bisa terus konsisten
bahkan tumbuh dan berkembang memiliki batang kokoh dan akar kuat
Peluk cium buat kalian semua … gemes saya buat anak-anak kalian

wati

Leave a Reply

