Cinta 15 : Detik-Detik Langkah Kecil

Jakarta, 15 November 2007
jam 4.58 am

dear all

selamat pagi.
buat saya, setiap hari merupakan hari yag istimewa …. karena selalu saja
ada yang baru
selalu saja ada yang berbeda

ketika akhir tahun 2002 saya memulai kegiatan mengedukasi pasien-pasien saya
….
saya tidak mengira bahwa kegiatan itu ternyata terus berlanjut, bergulir
….

berlanjut & bergulir …. karena …. dari usaha kecil-kecilan ternyata
sekarang yang berhasil mendeliver messages ke banyak orang (bukan sekedar
segelintir pasien dan kenalan). Strateginya pun bukan sekedar duduk duduk
satai dan diskusi melainkan lebih multi jurus …. dimana each strategy,
strengthen the others.

Ada beberapa orang “penting” dalam hati saya yag membantu memberi keyakina
bahwa program edukasi kesehatan untuk masyarakat ini penting dan feasible.

Ibu Prof Deborah Henessy. Tuhan mempertemukan kami lewat ProF Garry warne
… dan saya tak pernah berhenti mensyukurinya
Beliau pakar keperawatan dan kesehatan masyarakat but we so much in common.
Oragnya sangat gigih dan pekerja keras. Ketika tahun 2003 saya sebenarnya
akan kembali “pergi” meninggalkan Indonesia (sedang urus visa dll karena
horeeee … Dapat lagi beasiswa untuk jangka panjang … ada project tentang
pasien atresia bilier – suatu kelainan hati) …
beliau lah yang mengingatkan saya. …
“Kalau kamu pergi untuk meneliti atresia bilier … berapa anak Indonesia
yang kamu tolong? Memangnya banyak anak Indonesia yang atresia bilier? …
Kalau kau meneruskan program edukasi ke masyarakat … berapa banyak anak
Indonesia yag mungkin bisa kamu tolong.”

Singkat cerita …. saya batal pergi…. dan …. “dagangan kaki lima”
sayapun terus berlanjut … sampai saya jumpa orang kuat yang baik hati
lainnya yaitu …

Teman dan guru saya, Ibu Karin Timmermann banyak berandil membuat kegiatan
ini menjadi besar.
beliau adalah MO untk divisi EDM & RUD di WHO Indonesia
Tahun 2003 akhir beliau meminta saya mempresentasikan gagasan dan project
yang saya kerjakan. Ketika banyak pihak justru skeptis dengan apa yang
dilakukan, justru beliau ini melihat PELUANG. Peluang untuk membenahi
masalah RUD di indonesia dari sisi lain
Project kami lantas dibuat menjadi suatu ” pilot project”

beliau dan juga beberapa orang-orang terdekat (pasien pasien yang suda
seperti adik) … menyarankan agar kegiatan ini diformulasi dalam suatu
wadah yang legal.
for somany purposes including funding.

Singkat cerita ….
embryo berdiskusi hehehe
siapa sih embryo
pasien2 saya yang punya kepedulian tinggi (Santi, Amel, Didiet, Maureen,
Penty, dan soul mate saya … Nia) … diskusi santai sambil ngopi, sms, dan
setelah beberapa kali pertemuan ringan
Dibentuklah Yayasan Orangtua Peduli pada tanggal 15 November 2005.
Personil yang saya sebut di atas memang tak dikenal oleh kebanyakan member
milis dan peserta Pesat
“Job desc” nya …memang di belakang layar …. memastikan periuk YOP tetap
berasap hehehehe.
Selain mereka yang disebut namanya … YOP bisa eksis atas jasa kalian semua
yang tak bisa saya sebut satu persatu.

Atas nama pribadi & yop … saya mengucapkan terimakasih yang
sebesar_besarnya kepada kalian semua.

Pengurus inti YOP berhasil mengupayakan agar kegiatan kami juga bisa masuk
ke komunitas yang eksklusif misalnya, kedutaan dan CDnya.
Dutch community di sini misalnya, sudah sangat paham akan YOP dan misi serta
kerjanya
Kemarin … mereka arranged pertemuan kedua … breakfast meeting sambil
presentasi RUM.
Alhmadulillah … selain berhasil raising awareness mereka … merchandise
YOP laku keras dan mereka inisiatif membuka kotak dana (hehehe YOP nya
sendiri gak berani buka kotak dana) … lumayan ….bisa nabung … buat
kegiatan tahun 2008 …

Nanti tg 20 Nov … YOP juga diundang ke suatu kedutaan (jujur, saya stress
presentasi nya nati gimana gitu…) Untung … Ibu Laura Guarenti akan
mendampingi di sesi diskusi. Kan jadi kuat suara lagu yang dikumandangkan
ketimbag kalau hanya saya dan YOP

Di Usia 2 tahun ini … kami mau duduk dan terus bebenah lagi …
Ada beberapa agenda organisasi yang mendesak

Tahun 2008, insya Allah kegiatan rutin YOP bisa tetap berlangsung bahkan
meluas
PESAT perusahaan dan sekolah akan digalakkan
kerjasama Klinik dengan pihak ketiga (perusahaan dan individu …. oh ya …
para expat dah mulai tanya2 apakah KLinik kami menerima pasien expat …..
hehehehe)
Idealnya Research juga ditingkatkan
tentunya dilanjutkan dengan publikasinya

nah tahun 2008, ada 1 riset yang akan diolah (tolong dong kirimin lagi
resep2 hehehe …. siapa yang punya resep yang pernah diberikan pada anaknya
…. please email (scan) atau kirim by post
kontribusinya besar sekali dalam rangka “usaha” perbaikan layanan kes buat
anak.

selajutnya …. tahun 2008 akan diisi dengan membuat tulisan2 dari hasil
penelitian tadi (sekarang tertunda) dan kegiatan keluar dalam rangka
kesinambungan YOP
jadi … nanti dokter2 penerus YOP sudah tidak terlalu kesulitan meneruskan
kegiatan ini (amiin)

Jadi … di hari jadi ini .. .

kai sadar ….
kami masih tertatih-tatih
masih Banyak keterbatasan ….
tetapi
Alhamdulillaah …. masih bisa tetap hadir dan terus berusaha

Di lain sisi …. tentunya YOP tak lagi bisa diperlakukan sebagai suatu
pilot project

konkritnya … harus bisa mandiri

MOHON DOA RESTU kalian semua ya
MOHON BANTUAN dari kalian ya

Bantuan apa?
saya berharap, kalian mau dan mampu …. dalam waktu yang tidak terlalu lama
….. untuk bisa menjadi smarter and wiser (waktu kan terus bergulir)
kalau sederhananya sih … Nduk … cepat besar ya …. hehehe

Kedua, speak up. Terus bicara soal ASI, soal RUD, imunisasi, ekologi, dll.
Bikin arisan di kantor, di rw, di keluarga, dll ….. yang diisi dengan
topik2 kesehatan anak.
Habis pesat jangan terus menghilang melainkan dipraktekka ilmunya
Dipraktekkan di mana? praktek teori di milis, dan di kantor.
Praktek nyata … di rumah ketika anak sakit.

Kalau hanya ikut PESAT terus menghilang … ilmunya gapang erosi dan
potensial ketinggalan informasi … kan ilmu terus berkembang
Dengan ikut milis (terutama aktif menjawab pertanyaan) … sebetulnya
tindakan ini ibarat booster.
Antibodi (ilmu) kalian dipastikan terus “tinggi”

Kalian kan ITnya jauh lebih piawai ketimbang saya
Coba bundel dan di folder email2 sesuai topik
Baca diulag ulang
Bagikan ke saudara dan teman
Share ke member baru

Kalau boleh saya memohon … keluarga besar SEHAT tetap kompak, saling
menyayangi, guyub, saling menghormati. Saling membantu.
Please keep up the RUD spirit

nah …. saya pribadi memohon maaf dan pengertian kalian kalau saya tak
sering2 muncul di milis (kan kalian sudah “besar”) hehehe
Di tahun 2008 yad …. sisa tenaga yang ada pada saya … harus saya
pergunakan untuk memperkuat jejak langkah mandiri YOP ke depan …

Terakhir, mau curhat personal dikit (hehehe bolee ya)
Bulan lalu …. saya excited banget
Maennnn terus sama cucu
Nyanyi terusss dan lau nya setiap hari berubah soalnya eyangnya ngarang
sendiri hehehe (udah gak update lagu anak2 nih hehehe … kapan kalau
senggang mau beli lagu anak2 CD or kaset hehehe … soalnya yang ada
sekarang lagu ketika bungsuku masih balita dan ternyata kasetnya masih bagus
lho … amazing)

Saya nyanyi tentang angin, Daun, hujan< apa aja deh yang kelihatan di depan
mata atau terlintas di pikiran
Sambil gendong atau sambil dorong kereta
Malam juga gitu

suatu malam … saya lagi heboh joget nyanyi dll entertaining si cucu
Bungsu saya ngeliatiiiiin terus
De, kok gitu sih ngeliatin nya
Gak tau ya … insting ibu aja kali ya … kok saya menangkap ada sorot mata
cemburu

terus malamnya saya golek2 di lantai (hiks sekarang gak boleh dan gak bisa
gendong cucu nih …. sedih …. Tapi apa boleh buat demi kesehatan spine
saya … ya sudah deh) …..
Si bungsu ngusap2 kepalaku
“Mah … uban kok tambah banyak sih … cepet banget”
“hehehe cabutin dong de, enak … gatel ….”
“botak mah … gak bisa lah …. dah kebanyakan sih”
“Ya dikit aja deh yang paling gatel … suka enak terus ketiduran” … manja
baget ya emak satu INI

Tiba-tiba …
“Mah, please dont grow old … until …I have kids”

mak nyesssss
I do wish I can respond to that request … yet …

… dah ah …

SELAMAT ULANG TAHUN BUAT YOP
DOAKAN BIAR TETAP BISA BERKIPRAH
TERIMAKASIH TUHAN
Engkau tela mengirim orang-orang baik dan mulai hati kepada kami, kepada
saya

sekalilagi … terimakasih buat semua
tanpa kalian YOP tak bisa berbuat apa-apa

tapi untungnya YOP punya semangat 3C

COMPASSION, COURAGE, COMMITMENT
wati

Leave a Reply

