Cinta 16 : Hujan Bulan Desember

Jakarta 18 Dec 2007

Dear all

Tadi malam hujan lebat sekali …. saya pribadi selalu excited setiap kali
mendengar rintik-rintik dan hujan.
Bau dedaunan, bau tanah … hmmm

Di lain pihak, sudah sejak beberapa tahun terakhir, hujan juga membuat saya
merasa prihatin.
Banyak saudara2 kita yang harus menderita karena hujan … padahal … dalam
sejarahnya …. hujan merupakan anugerah Yang maha Kuasa; hujan identik
dengan kesejahteraan dan kemakmuran; hujan juga eksotik.

Di musim penghujan di penghujung tahun 2003 … di kamar tidur anak lanang
kami (yang saat itu tengah jauuh merantau; anak bungsu kuliah di luar kota
jadi hanya saya berdua suami setiap hari malang melintang) …. untuk
pertama kalinya saya berkenalan dengan yang namanya milis hehehe (malu ya
… gaptek bangedd deh). Pak Romzy (pasti ketemu deh kalau ada Famgath) …
membantu saya mendirikan milis sehat.
19 Des 2003!
Dan pendirian ini …. sesuai hasil ngobrol2 di Ramzy Galery Jalan bangka
Nov 2003 seusai ceramah profesionalisme dalam dunia kedokteran yang
pembicaranya salah satunya adalah prof Iwan Darmansjah.

Tahun 2003 memang tahun penuh “peristiwa besar” dalam kehidupan saya, dalam
kehidupan keluarga kecil kami. Termasuk “peristiwa besar” dalam kehidupan
“karir” dan kelimuan saya. … tutup karir lah singkatnya mah hehehe

Ketika kesehatan berangsur memungkinkan … saya rajin mengirimkan artikel2
dan guideline ke beberapa orang dekat (parents) … Saya ingin membuka mata
kita semua … betapa selama ini … kita tidak terbukakan terhadap ilmu …
Padahal … salah satu parameter profesionalisme adalah transparansi.

Saya mulai dengan PC kuno yang bolak balik kena virus hehehe di meja
komputer yang sudah agak miring menahan beban PC dan printernya
Saya paham …saat itu … yang paling confused adalah suami saya …
Dengan penuh cemas tetapi membisu …, ia amati keseharian saya. Dari
katanya “perempuan karir” dan pekerja keras (kalau belajar kan gak kenal
waktu apalagi tadinya mau berangkat lagi hehehe) …sekarang tuh bini gua
sebenernya ngapain yaaa
Memang hidup saya seputar Fisioterapi (tapi sendiri hasil pembelajaran di
Perth Juni 2003) … PC … baca2 ilmukesehatan anak mendasar yang simple
banged hehehe (ketika tadinya hidup saya penuh biomolekuler dan fisiologi,
patologi … maklum “cuma” konsentrasi pada sel hati dan sejuta fungsinya)
… terus kasih advocacy kecil2an … Saya menangkap ada rasa gamang dan iba
di matanya. Tetapi .. dia terus mendukung .. lakukan apa yang ingin kamu
lakukan katanya ..
Pada dasarnya dia tahu .. kalau saya sudah punya mau .. pasti saya tekuni
dengan hati.

PC itu sudah dilego hehehe
dapat [pinjaman laptop dari adik bungsu
Mulai Juli pakai laptop di pojok meja makan
laptopnya sekarang disimpan … sudah tidak compatible.
Beli laptop secondhand … 10 juta (buat saya besar banget tuh hehehe
apalagi saat itu habis sakit luamaa… gak praktek … gaji pensiunan dosen
menengah ya gitu deh hehehe) … alhamdulillah laptop ini robust … setia
menemani saya … menemani kalian semua …
Thanks M … laptopmu luar biasa hehehe
Laptop ini sudah keliling kePESAT berbagai kota .. sudah ke kongres Quality
& safety in helath care Australia, workshop promoting RUD ke komunitas di
jaipur India … sudah ke Australia untuk presentasi kegiatan kami, sudah ke
Singapore, ke Thailand baru2 ini.
Sudah tatap muka dengan WHO … menghadap dan “merayu” (pssst) Unicef, World
bank,
Sudah “show off” di Patient safety Alliance, Depkes, Universitas2, Fakultas2
(MIPA, FKM dst)

laptop ini merupakan bagian dari perjalan kecil milis sehat dan YOP

terimakasih buat semua yang telah mengucapkan selamat HUT buat milis sehat
terimakasih buat HUT milis sehat yang memposting kembali BR, Cinta & Pelangi
saya (hehehe saya gak berani baca .. thanks a lot ya soalnya dokumentasi
saya tidak lengkap).

Terimakasih atas kecintaan dan doa khusyuk kalian buat kegiatan ini
terimakasih atas kontribusi kalian …

Kami hadir karena … kalian
kami hadir karena kita semua punya satu kesamaan mendasar …
kecintaan buat anak2 negeri ini

Ketika laptop ini sudah tak lagi berfungsi …
ketika jari ini kelak (nanti lho .. bukan sekarang hehehe) sudah tak lagi
mampu menekan keyboard …
mimpi dan doa saya …
YOP dan milis sehat serta PESAT … terus eksis .. berkibar dengan rendah
hati
konsisten … tegar … penuh cinta

sebagai penutup … ijinkan saya mengutip Ibu Theresa:
We cannot do great things …
Only small things … with great love
Mother theresa

Di harijadi milis sehat yang ke empat ini ….
Ijinkan saya memohon …
Pada cepet pinter ya … please ….
Jaman semakin tidak karuan
Semakin sulit
salah satu manfaat RUM adalah efisiensi .. uang bisa dihemat karena banyak
sekali pengeluaran yang sebetulnya tidak perlu dan bisa kita save kalau kita
paham RUM, EBM.

permohonan kedua …
coba renungkan … apa yang bisa kalian lakukan untuk menjaga lingkungan
kita yang sudah rusak parah ini …
Memangnya kalian mau dan bisa pindah ke planet lain?
tanam sampah organik, tanam pohon

HEMAT AIR!!!!
Mobil kotor gak papa …
manusia TIDAK BISA MENCIPTAKAN AIR!!
Ajari anak agar menjadi manusia dengan kesadaran lingkungan yang tinggi
Kesehatan tidak bisa lepas dari kondisi lingkungan

HEMAT BBM!!
kurangi pemakaian kendaraan pribadi buat 1- 2 orang
Memang public transportation kita belum nyaman … tapi coba cari jalan
keluar
Kalau bukan kita yang bergerak .. Indonesia semakin karam … mau minta
peran negara?
Pada dasarnya kita “sendirian” kok
Lihat saja kasus lapindo
Rakyat dibiarkan langsung berhadapa dengan korporasi … negara berpaling

demi anak cucu .. kita harus bersatu, kompak,
Kita harus kuat dan proaktif
Kita harus cerdas dan bijak
Dengan demikian … kita Insya Allah bisa menjaga-mengurus diri kita dan
keluarga kita dengan baik …

Selamat idul Adha
selamat Natal buat mereka yang merayakannya

Salam cinta, salam sehat,
salam komitmen
Selamat

wati

Leave a Reply

