“Jangan Minum Antibiotik Orang Lain”

SEMARANG – Antibiotik merupakan obat yang membantu tubuh manusia untuk memerangi bakteri. Obat itu tidak bisa menyembuhkan manusia dari infeksi virus.

“Gejala flu, pilek, batuk kering, radang tenggorokan, sebenarnya disebabkan oleh virus, bukan bakteri,” tutur Prof Dr Amin Soebandrio PhD dalam seminar kesehatan dengan tema “Paket Edukasi Orang Tua Sehat” yang diselenggarakan Program Edukasi Orang Tua Sehat (Pesat) didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Ruang Papandayan, Hotel Horison, Sabtu (22/7). Seminar itu diikuti para ibu rumah tangga.

Dia menjelaskan, penggunaan antibiotik secara berlebihan, justru bisa menyebabkan bakteri dalam tubuh kebal terhadap segala macam antibiotik. “Sebaiknya pasien jangan minum antibiotik yang diresepkan untuk orang lain. Tanyakan kepada dokter apakah obat yang diberikan bermanfaat untuk penyakit yang diderita. Jangan minum obat untuk infeksi virus seperti flu,” tambah dia.

Pembicara lain, dokter Purnamawati S Pujiarto SpAK MMPed menjelaskan, antibiotik merupakan penyelamat jiwa bila terkena infeksi bakteri. Namun, jangan dianggap semua gangguan kesehatan bisa dan harus diatasi dengan antibiotik.

Obat merupakan karunia Tuhan kepada manusia yang sangat berharga. Karena itu, harus digunakan secara bijaksana. Sebab tidak ada sumber daya alam yang abadi. Cepat atau lambat, antibiotik juga akan habis.

“Sangat memprihatinkan saat ini banyak konsumen maupun dokter yang menganggap bahwa antibiotik itu obat dewa alias magic savers. Itu merupakan pola pikir yang keliru,” ungkap dia.

Purnamawati menjelaskan, sebenarnya obat itu “impoten” terhadap virus. Namun celakanya, sekarang justru anak-anak sangat sering diberi antibiotik.

Itu sangat memprihatinkan. Sebab cepat atau lambat menuasia akan kembali ke era kegelapan, era praantibiotik, di mana angka kematian akibat infeksi kuman kembali meningkat karena kuman kebal terhadap antibiotik. (ric-37m)

Sumber : Suara Merdeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: