PELANGI 5 : RAWAT INAP

Dear all

Jakarta mendung …. banjir …. Sedihnya ….
Hati-hati ya … biasanya penyakit infeksi jadi marak
… jaga kebersihan … cuci tangan … imunisasi
tepat waktu ….
Kalau anak sakit .. please baca kapan harus
menghubungi dokter … baca juga apa indikasi rawat
inap ….
Saya mau cerita ya …
Bulan lalu … saya ditelpon suatu RS bintang 5 …
ada konsul bayi 2 bulan dirawat dengan observasi demam
tetapi SGOT dan SGPT tinggi 400 an … terjadilah
serentetan tanya jawab antara saya dengn susternya per
telepon …
mulai dari riwayat penyakitnya … ok demam 2 hari
…tidak ada batuk pilek tapi bersin2 menurut orang
tuanya
Pemeriksaan penunjuang: hasil labnya tidak ada yang
mencolok (kecuali peningkatan leukosit alias WBC (jadi
virus nih kemungkinannya … begitu pikir saya) …
LED juga normal …
Suster: widalnya negatif dok …
W: Ahhh kenapa periksa widal sih … bayi 2 bulan …
demam baru 2 hari … mana ada sih bayi 2 bulan kena
tifusssss (dalam hati)
W: Obatnya?
S: … sefalosporin generasi ke3 lah pokoknya dan
infus dok …
W: periksa dulu deh … lalu kasih instruksi pem lab
tambahan untuk menyingkirkan beberapa kemungkinan
kelainan hati (tapi pastinya bukan hep A-C) dan minta
USG

Besoknya… saya visit pasiennya
Ketemu sama dokternya ..
W: Kenapa dirawat ya dik?
Dr: Demamnya tinggi mbak…
W: So what dik … kan kalau virus memang harus demam
… dan demamnya pasti tinggi …
Dr: takut kejang demam mbak …
W: lho kan kejang demam kalau usia 6 bulan sampai 5
tahun … kalau dia kejang pasti bukan kejang demam
melainkan meningitis atau ensefalitis … tapi anaknya
gimana? Kesadaranannya?
Dr: Bagus siiihhhhh… tapi ibunya panikan mbak
W: Ya kamu terangin dong …

Di kamar denganorang tua:
kesan pertama… memang ibu panik tetapi amat educated
… ohhh kurang informasi aja nih
Bicara deh soal demam, soal infeksi, soal kejang
demam, SOAL OBAT2AN … (SIAPA TAHU SGOT SGPT NAIK
KARENA OBAT TAPI SAYA GAK BILANG SAMA PARENTSNYA)
ibunya tenang…. asi asi asi
Bapak: dok kalau gitu antibiotikanya gak usah dong …
infusnya cabut dong …
W: nah itu yg memutuuskan … Dr C… ya …
Saya kan hanya dikonsulkan perihal hatinya

Keesokan harinya … alhamdulillah … meski masih
demam ibu tenang dan rasional … sore… biduran
W: dalam hati … alhamdulillaah …

LHoooo kok gitu sih dokter wati?
Iya … gara2 biduran semua dilepas… infus dan obat
hehehe… besok paginya pulang … ibu harus keep in
touch
Alhamdulillah baik aja … sampai sekarang

Nah sekian dulu cerita pendek kali ini
Saya akan buat ceritra lain misalnya tentang cairan
infus yang sering banget salah ngitung jumlahnya …

Ok dear anak2ku… please take care ya ditinggal 10
harian hehehe
Mau tau nih … semacam batu ujian buat kalian …
untuk tetap mandiri dan tetap menjaga kekeluargaan
dan tetap browsing

Love u all
wati

1 Response so far »

  1. 1

    tika said,

    dokter Wati ytc. Saya mau brtanya ni. Anak sy 5,5th demam 2hari sampai 39 derajat. Mulanya home threatment, tp ketika muncul bercak merah sluruh badan dan gatal, saya bingung, blm pernah nih.

    Dibw ke dsa, cek darah, leukosit 22rb dan amat disarankn opname. Sy ragu tapi ga tau hrs gmn. Sy minta rawat di rmh, dsa blg tdk berani.

    Apakah penyebab merah2 di badan? Apakah hrs rawat inap? Thx dr. Wati.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: